Menyusun Project Running Text

Artikel berikut ini kita akan memaparkan langkah penyusunan file project running text dengan aplikasi PowerLED. Seandainya kita memiliki lebih dari satu papan running text yang berbeda dimensi dan controller LED-nya. Wajib bagi kita untuk melakukan setting parameter papan running text yang akan kita susun file projectnya. Untuk langkah setting parameter papan running text telah dijelaskan pada halaman Setting Papan Running Text. Pada saat menyusun project running text ini, dicontohkan kita menggunakan papan running text UNIVIEW konfigurasinya sebagai berikut. Modul P10 3×1 dengan controller TF-SU. Sehingga resolusi yang kita miliki adalah 96×16 pixel. Setelah setting parameter papan running text, berikutnya ikuti langkah sebagai berikut.

1. Saat tampilan seperti diatas kita pilih toolbar Programs
2. Lalu klik toolbar Text

Untuk kalimat yang akan ditampilkan dan animasi efek-nya, silahkan ikuti petunjuk seperti gambar diatas. Berikutnya saat kita akan mengisi untuk kalimat kedua, kita ulang klik toolbar perintah Programs lalu Text atau seperti petunjuk dibawah ini

Untuk menyimpan project yang telah kita buat langkahnya sebagai berikut ini

Pilih menu perintah diatas toolbar
1. File(F)
2. Save Project(S)
3. Pilih folder atau media penyimpanan pada bagian jendela penyimpanan
4. Isi dengan nama yang kita inginkan
5. Klik tombol Save untuk menyimpan file project
Setelah semua urutan project kita simpan pada media simpan di PC. Cara untuk mengisi project tersebut pada papan running text sebagai berikut ini. Metodenya dewnga cara export ke media flashdisk.
Siapkan USB flashdisk dan telah terpasang pada port USB komputer. Pastikan telah diformat dengan menggunakan partisi FAT32 supaya kompatible dengan controller yang terpasang pada running text. Ketika file project telah selesai kita buat melalui software PowerLED. Kita lakukan Export ke USB flashdisk. Dengan langkah seperti pada gambar berikut ini.

1. Klik tombol toolbar Export to USB, pastikan USB yang akan kita pergunakan melalui menu DIR
2. Beri centang pada opsi Include panel parameters
3. Kemudian akan ditanyakan password, isikan dengan mengetik 168 lalu tekan enter atau
4. Klik tombol OK
5. Selanjutnya klik tombol Save, tunggu beberapa saat sampai indikator lampu USB flash berhenti berkedip.
6. Lanjutkan dengan memilih tombol Close
7. Kemudian cabut flashdisk yang terpasang tadi
8. Pastikan kabel power listrik papan running text terpasang
9. Pasang USB flashdisk tersebut pada port USB papan panel
10. Tunggu di layar papan running text muncul tulisan “OK!”. Tunggu 3 – 5 detik untuk proses transfer lalu silahkan di cabut USB flashdisk yang terpasang pada papan running text.

UNIVIEW